10 Tempat Produksi Pintu Kayu Jati di Yogyakarta

Indonesia merupakan Negara yang bisa disebut sebagai Negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan alam Indonesia meliputi hutan yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, di pulau-pulai Jawa dan juga banyak terdapat di luar Jawa. Semua hutan-hutan dengan luas yang beragam itu menyimpan banyak manfaat sebagai penyeimbang ekosistem maupun memberikan manfaat berupa kayu-kayu bagi kebutuhan warga Indonesia.

Salah satu komoditas yang banyak disumbangkan dari hutan di Indonesia salah satunya adalah kayu jati. Pohon jati sendiri bisa dikatakan merupakan pohon yang dapat berkembang baik di Indonesia. Adapun jika ditanya sejak kapan pohon jati mulai tumbuh dan berkembang di Indonesia? Yana Sumarna, dalam bukunya “KAYU JATI (Panduan Budi Daya & Prospek Bisnis)” menyebutkan bahwa Jati sudah mulai tumbuh di Indonesia sejak tahun 1840. Baru dalam perkembangannya pada tahun 1842, Jati bernama latin Tectona Grandis Linn ini mulai ditanam dengan cara dibudidayakan. Menurut Yana Sumarna, pada saat itu (tahun 1842), daerah yang menjadi sentra penanaman jati ada di Pulau Jawa.

Indonesia sendiri memiliki luas areal pertanaman jati yang relatif tinggi. Yana Sumarna, masih di dalam bukunya menyajikan data luas areal pertanaman jati di Indonesia. Menurutnya sampai dengan akhir tahun 90-an, luas hutan jati di Pulau Jawa  tercatat sekitar 1.069.712 hektar. Selain banyak dikembangkan di Pulau Jawa, Jati juga banyak dikembangkan di beberapa daerah lain seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku, Lampung, dan Bali. Namun areal pertanaman jati terluas adalah di Pulau Jawa.

Yana Sumarna di dalam bukunya “KAYU JATI (Panduan Budi Daya & Prospek Bisnis)” juga menyajikan data dari Departemen Kehutanan bahwa pada tahun 2007, realisasi produksi kayu bulat jati Indonesia adalah sebesar 517.627 meter kubik. Provinsi Jawa Timur menyumbangkan persentase nilai produksi paling tinggi yaitu sebesar 30% dari total produksi di Indonesia. Berdasar rincian persentase nilai produksi kayu bulat jati Indonesia, dapat disimpulkan bahwa Indonesia termasuk penghasil kayu jati yang relative tinggi.

Sebagaimana telah disinggung di atas, pohon jati merupakan jenis pohon yang memiliki banyak kegunaan atau manfaat. Itulah mengapa, di Indonesia Jati banyak dibudidayakan oleh banyak pengembang. Pada umumnya, pohon jati dibudidayakan untuk diambil batang kayunya untuk dijadikan sebagai bahan dasar membuat berbagai mebel.

Saat ini banyak masyarakat menjatuhkan pilihan kepada kayu jati untuk banyak kebutuhan. Karena hingga saat ini kayu jati menjadi primadona untuk dijadikan bahan membuat berbagai furniture seperti kursi, meja, almari dan sebagainya. Selain itu, kayu jati juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat pintu rumah. Kayu jati dipilih untuk menjadi bahan dasar membuat pintu tentu mengingat keunggulan yang dimiliki kayu jati. Kayu jati memiliki keunggulan tahan lama, kuat, tidak mudah menyusut dan tidak mudah berjamur. Tentu karakter kayu jati tersebut sangat menunjang untuk kebutuhan membuat pintu rumah yang kuat serta tahan lama. Kayu jati dijadikan bahan membuat pintu juga tidak lepas karena tekstur atau serat kayu jati yang unik. Selain itu, jika menginginkan pintu dengan pola ukiran, kayu jati juga sangat menudukung karena teksturnya yang mudah diukir.

Selain kelebihan-kelebihan kayu jati yang telah disebutkan, di bawah ini akan diuraikan beberapa keunggulan lain yang dimiliki kayu jati, sehingga kayu jati patut dipilih untuk digunakan sebagai bahan dasar membuat pintu rumah. Berikut beberapa kelebihan kayu jati:

  1. Tidak Mudah Menyusut

Mebel tentunya memerlukan kayu yang selain kuat dan tahan lama juga harus tidak mudah menyusut, atau dalam istilah pertukangan “ngulet”. Kayu jati dikenal sebagai kayu yang memiliki karkter kuat dan tidak mudah menyusut. Kayu jati, meskipun selama apa pun, akan bertahan pada bentuknya atau tidak menyusut. Itulah sebabnya kayu jati sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat mebel seperti kursi, meja, almari, pintu dan sebagainya.

Dalam membuat pintu rumah khususnya, tentu kita membutuhkan bahan kayu sekuat kayu jati. Idealnya pintu haruslah kokoh. Pintu yang kokoh tentu akan memberi rasa aman kepada penghuni rumah. Maka sekali lagi, sangatlah tepat menjadikan kayu jati sebagai pilihan untuk bahan membuat pintu rumah.

  1. Tidak Mudah Berjamur

Keunggulan lain kayu jati yaitu tidak mudah berjamur. Jamur memang kerap sekali kita saksikan tumbuh pada benda-benda perabotan kita khususnya yang berbahan kayu. Dibandingkan kayu mahoni misalnya, kayu jati tergolong memilliki keunggulan tidak mudah berjamur. Ciri kayu jati tersebut sangat cocok jika akan menjadikan kayu jati sebagai bahan dasar pintu rumah. Lebih-lebih, pintu rumah idealnya bersih dari jamur karena pintu merupakan bagian di dalam suatu bangunan rumah yang sangat tampak dan selalu kita lewati di rumah. Maka akan sangat mengganggu jika pintu rumah kita tampak berjamur. Solusi persoalan ini ialah memilih kayu jati yang memiliki keunggulan tidak mudah berjamur.

  1. Tahan di Segala Cuaca

Jika kita mengacu kepada fungsi rumah yaitu sebagai bangunan tempat kita berlindung, tempat menetap kita di segala musim atau cuaca, tentu segala aspek bangunan rumah harus dipastikan memiliki daya tahan yang kuat. Termasuk pintu rumah kita harus dipastikan (jika terbuat dari kayu) harus benar-benar tahan melewati berbagai cuaca.

Kayu jati dikenal sebagai kayu yang memiliki keunggulan tahan menghadapi cuaca apa pun. Kayu jati akan tetap tahan pada bentuknya sekalipun melewati berbagai cuaca, seperti musim panas, musim dingin atau hujan, bahkan musim salju. Bukti ketahanan kayu jati dapat bertahan di segala cuaca, melihat banyaknya furniture outdoor yang menggunakan bahan dasar kayu jati. Seperti stikeng, atau bahan kusen dan sebagainya, semua berbahan dasar kayu jati. Maka tak heran kayu jati selalu dijadikan pilihan terutama sebagai bahan membuat pintu rumah.

  1. Kuat dan Tahan Lama

Hingga saat ini kayu jati masih menjadi primadona atau sebagai pilihan utama untuk dijadikan sebagai bahan dasar furniture, tidak lain karena kayu jati sangat terkenal sebagai kayu yang kuat dan tahan lama. Karakter kuat dan tahan lama tentu sangat cocok untuk menjadi bahan dasar furniture yang penggunaannya untuk jangka yang panjang. Kayu jati dinilai sebagai kayu yang memiliki ketahanan kuat, dibuktikan dengan jarang sekali kita melihat kayu jati kering mudah patah atau pecah. Bahkan terdapat jenis kayu jati antic, atau kayu jati yang berumur puluhan atau ratusan tahun. Jenis kayu jati yang semakin berumur tua, memiliki kualitas yang semakin bagus (kuat dan tahan lama). Untuk kebutuhan membuat pintu rumah, kayu jati sangat tepat dijadikan sebagai pilihan.

 

  1. Memiliki Serat yang Unik

Jika kita mengamati potongan kayu jati, kita dapat melihat secara kasat mata serat yang dimiliki kayu jati. Serat kayu jati memang dikenal unik atau cantik. Maka tidak heran, kayu jati pun kerap dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan ukir. Atau dalam pembuatan furniture, pada saat proses finishing banyak yang mempertahankan warna natural (asli) kayu jati, untuk menonjolkan corak seratnya yang klasik. Begitu juga dalam hal pintu. Kayu jati yang memiliki serat unik, jika dijadikan sebagai bahan dasar membuat pintu rumah, akan tampak sangat estetik dengan dicat maupun tanpa dicat.

  1. Tidak Mudah Terserang Hama

Sifat hama memang menyerang apa pun termasuk kayu. Berbicara kayu yang tahan dari hama, kayu jati adalah kayu yang tergolong lebih tahan hama dibanding dengan jenis kayu lain seperti kayu mahoni, mindi, dan meh (trembesi). Agar kayu jati dapat tahan dari hama, harus dipastikan kayu benar-benar kering. Karena ada beberapa kasus jika kayu jati basah, kayu jati akan mengalami “crocoh”. “Crocoh” sendiri adalah munculnya lubang-lubang kecil pada kayu jati diakibatkan oleh hama kecil. Namun jika kayu sudah dalam bentuk barang jadi, misal sudah menjadi kursi, meja, pintu dan sebagainya, jarang sekali terserang hama. Itulah sebabnya kayu jati menjadi pilihan untuk bahan dasar mebel atau furniture, terutama sebagai bahan membuat pintu rumah.

Tempat Produksi Pintu Kayu Jati di Yogyakarta

Pintu rumah berbahan dasar kayu jati, penggunanya tersebar hampir di seluruh Indonesia. Saat ini gaya pintu rumah di mana pun pasti menggunakan model pintu yang terbuat dari kayu, terutama kayu jati. Begitu juga masyarakat Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta rata-rata masih memanfaatkan kayu jati untuk keperluan pintu rumah mereka. Mulai dari rumah-rumah di pedesaan, rumah-rumah di perkotaan, rumah di komplek perumahan, kost-kostan hingga perkantoran semuanya menggunakan pintu berbahan kayu jati.

Pintu dengan bahan dasar kayu jati, di Yogyakarta tergolong mudah dicari. Di Yogyakarta banyak terdapat pengusaha pembuat furniture yang juga memproduksi pintu dengan bahan dasar kayu jati. Pada kesempatan kali ini, akan dirilis beberapa tempat produksi pintu kayu jati yang terdapat di Yogyakarta. Beberapa tempat produksi kayu jati ini tentunya bisa menjadi rekomendasi untuk anda memesan atau membeli pintu dari kayu jati.

  1. KARYA Pintu Kayu Jati

Tempat produksi pintu kayu jati yang pertama, di mana anda bisa memesan atau membeli, tempat produksinya beralamat di RT 03, Tekik, Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Kegiatan memproduksi dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Anda bisa memesan satuan maupun dalam jumlah banyak. Anda dapat datang langsung ke tempat produksi untuk memesan.

  1. Arkana Jati

Tempat memesan pintu berbahan dasar kayu jati selanjutnya berada di Jalan Wates KM 9, Glondong, Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pintu hasil produksi di UD ini tentunya berkualitas dan harganya pun bersaing. UD pintu jati ini juga melayani pengiriman barang. Jadi anda tidak perlu repot membawa sendiri pintu yang anda beli. Pintu yang anda beli akan diantar ke alamat anda.

  1. Sinar Jati Group

Masih di Yogyakarta. Tempat produksi pintu kayu jati selanjutnya adalah Sinar Jati Group, yang beralamat di Jalan Dongkelan, Suryodiningratan, Kecamatan Mantrijeron, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di sana anda bisa memesan pintu yang anda butuhkan yang tentu terbuat dari kayu jati. Selain memproduksi pintu, Sinar Jati Group juga menerima pemesanan meubel seperti kursi, meja dan sebagainya. Untuk pemesanan anda bisa datang langsung ke tempat produksi dengan alamat di atas.

  1. UD Pintu Jati Cabang Jl. Wates

Tempat memesan pintu berbahan dasar kayu jati selanjutnya berada di Jalan Wates KM 9, Glondong, Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pintu hasil produksi di UD ini tentunya berkualitas dan harganya pun bersaing. UD pintu jati ini juga melayani pengiriman barang. Jadi anda tidak perlu repot membawa sendiri pintu yang anda beli. Pintu yang anda beli akan diantar ke alamat anda.

  1. Mebel Jati Lawas

Tempat pembuatan berbagai mebel termasuk pintu kayu jati selanjutnya beralamat di Jalan Dworowati, Nglarang, Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY. Kebutuhan berbagai mebel termasuk pintu kayu jati bisa anda pesan di tempat ini. Kualitas serta harga produk Mebel Jati Lawas tentunya sangat bersaing.

  1. Indo Door

Indo Door merupakan toko meubel yang menyediakan pintu kayu jati, kusen kayu dan daun jendela kayu. Toko Indo Door sendiri beralamat di Jalan Nangka IV, No 124 C, Sanggrahan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY (55282). Di toko ini anda tentunya dapat memesan pintu kayu jati yang anda butuhkan dengan produk yang berkualitas serta harga yang tentunya bersaing.

  1. Indra Jati

Tempat produksi pintu kayu jati di Kabupaten Sleman lainnya yaitu Indra Jati. Tempat produksi ini bertempat di Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (55571). Di tempat ini memproduksi berbagai meubel termasuk pintu berbahan kayu jati. Anda bisa datang langsung ke alamat Indra Jati untuk memesan pintu yang anda butuhkan. Semua produk mebel yang dibuat di sini sangat memperhatikan kualitas, serta harganya pun bersaing.

  1. Toko Mebel Puspa Jaya 3

Mencari pintu kayu jati untuk kebutuhan rumah anda, anda bisa mendapatkannya di Toko Mebel Puspa Jaya 3. Di toko ini menyediakan berbagai mebel termasuk menerima pesanan pembuatan pintu dengan bahan dasar kayu jati. Toko Mebel Puspa Jaya 3 beralamat di Jalan Raya Purwomartani, Sambiroto, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Semua produk yang ditawarkan di Toko Mebel Puspa Jaya sangat memperhitungkan kualitas.

 

 

  1. Kusuma Jati Furniture

Temapat di mana anda bisa memesan pintu berbahan kayu jati selanjutnya yaitu Kusuma Jati Furniture. Kusuma Jati Furniture beralamat di Sleman, tepatnya di Jalan Godean No 120, Area Sawah, Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY (55293). Kusuma Jati memproduksi berbagai mebel berkulitas serta model terkini dengan harga yang tentu bersaing.

  1. RAPI Interior Furniture

Selanjutnya di Jalan Gambiran No 68, Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kabupaten Sleman, DIY terdapat toko “RAPI Interior Furniture”. Di toko tersebut anda bisa memesan atau membeli berbagai kebutuhan mebel, termasuk pintu dengan bahan dasar kayu jati. Produk pintu yang ditawarkan di toko ini tentu memiliki kualitas yang baik dan juga dengan harga yang bersaing. Untuk memsan pintu yang anda butuhkan, anda bisa langsung datang ke toko di jalan Gambiran Nomor 68.

Keunggulan Pintu Kayu Jati

Pintu rumah berbahan dasar kayu jati, penggunanya tersebar hampir di seluruh Indonesia. Saat ini gaya pintu rumah di mana pun pasti menggunakan model pintu yang terbuat dari kayu, terutama kayu jati. Begitu juga masyarakat Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta rata-rata masih memanfaatkan kayu jati untuk keperluan pintu rumah mereka. Mulai dari rumah-rumah di pedesaan, rumah-rumah di perkotaan, rumah di komplek perumahan, kost-kostan hingga perkantoran semuanya menggunakan pintu berbahan kayu jati.

Berbicara kualitas pintu yang terbuat dari kayu jati, tentu kualitasnya tidak perlu diragukan. Keinginan orang membuat pintu rumah dengan kualitas yang kuat, tahan lama (awet), dan tidak mudah mengkerut, kayu jati merupakan salah satu rekomendasi untuk solusi kebutuhan pintu rumah anda. Hal ini tentunya karena mengingat keunggulan kayu jati dari jenis kayu-kayu yang lainnya. Dari sekian keunggulan kayu jati seperti karakternya yang kuat, tahan lama, tidak mudah mengkerut, dan tahan dari hama serta jamur merupakan alasan kuat mengapa kayu jati sekali lagi sangat cocok sebagai bahan dasar untuk membuat pintu rumah anda.

 

 

pintu masuk yogyakarta daerah sleman

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required